Tips Memilih Penginapan Singapore : Perbandingan Harga, Lokasi, Kenyamanan

Harga, lokasi, dan kenyamanan adalah faktor penting sebelum kita memilih penginapan di Singapore. Sebelum menjelaskan secara spesifik rekomendasi saya tentang penginapan yang akan diambil, akan saya jabarkan dulu secara umum tentang tipe dan lokasi penginapan, dan sekilas tentang harga penginapan di Singapore.

Tipe Penginapan

Secara umum, penginapan yang tersedia di Singapore, tipe nya bisa dibagi sebagai berikut :

  • Hotel
  • Hostel
  • Kamar apartment

Untuk hotel, semua orang pasti tau bagaimana kamar hotel, dan tentunya hotel terbagi atas kelas kelas nya dari bintang 1 sampai bintang 5 yang berbeda tingkat kenyamanannya.

Untuk hostel di Singapore atau lebih tepatnya hostel backpacker, maka model seperti ini sepertinya belum ada di Indonesia. Secara ringkas, hostel itu adalah penginapan yang kamar-kamarnya berisi beberapa kasur susun atas dan bawah seperti di asrama asrama, dimana kita bisa tidur ramai-ramai bergabung dengan orang lain yang tidak kena kenal, beberapa diantaranya ada sekat antar kasurnya (model capsule), tapi sebagian besarnya hanya terbuka saja jadi kita bisa melihat orang lain tidur dan kita pun bisa dilihat orang lain tidur. Lalu kamar mandinya otomatis adalah sharing (dipakai bersama).

Untuk kamar apartmen di Singapore, maka ini bagaikan kamar kamar kosan yang disewakan harian. Kita bisa menyewa dengan sistem per kamar, tapi tentu bisa juga menyewa 1 apartmen utuh. Kasurnya seperti kamar hotel, tapi kelebihannya ada kamar besar yang bisa diisi sampai 3, 4, 5, atau 6 orang satu kamar. Sebagian kamarnya tak punya kamar mandi di dalam kamar (kamar mandi nya pakai yang di luar kamar tapi masih di dalam rumah), tapi sebagian kamar lagi ada kamar mandinya di dalam kamar.

Tersedia jasa sewa kamar apartmen harian di orchard (apartmen lucky plaza) atau di Chinatown (apartmen people’s park). Silakan klik di masing-masing link.

Lokasi Penginapan

Bagi turis yang baru pertama kali ke Singapore, atau sudah pernah tapi tak menguasai lokasi dengan baik, maka pertimbangan lokasi menjadi sangat penting. Dapat lokasi di dekat pusat kota dan dekat tempat wisata dengan kemudahan transportasi dan makan tentu menjadi bahan pertimbangan penting sebelum memilih penginapan di Singapore.

Lokasi-lokasi yang di pusat kota Singapore atau paling tidak masih di sekitaran kota itu adalah kawasan Orchard, Marina, Bugis, Bencoolen, Chinatown, Kampong Glam/Beach Road, Clarke Quay, dan tentunya Sentosa Island. Agak menjauh sedikit maka ada kawasan Lavender, Little India, dan Harbourfront. Di luar wilayah itu boleh dikatakan sebagai bukan pusat kota atau bukan strategis ke lokasi tempat wisata. Baca juga : hotel strategis dekat tempat wisata di Singapore.

Tersedia :  – jasa pemandu (guide) wisata berbahasa Indonesia di Singapore

                                   – sewa mobil dan sopir berbahasa Indonesia di Singapore atau ke Johor (legoland, hello kitty, jpo)

Harga Penginapan

Untuk harga, ada poin yang perlu anda ingat : secara umum penginapan di Singapore harganya bisa empat kali lipat atau lima kali lipat lebih mahal dari penginapan di Indonesia yang setara kualitasnya. Memahami hal ini dengan benar, maka anda harusnya bisa membayangkan kalau ingin mendapatkan suasana atau kenyaman kamar hotel yang serupa dengan yang harga Rp,300 ribu di Indonesia, maka untuk di Singapore harganya di kisaran Rp.1,2 juta hingga 1,5 juta. Artinya kalau ada penginapan di Singapore yang ketika anda cek online harganya adalah sekitar Rp.600 ribu maka itu sama kualitas kamarnya dengan kamar yang harga di Indonesia nya sekitar Rp.150 ribu.

Secara umum, selain tergantung besar atau bagusnya penginapan, maka lokasi juga akan menentukan harga penginapan. Semakin strategis atau semakin dekat pusat kota maka secara umum harga penginapan nya akan lebih mahal.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai jumlah orang. Berbeda di Indonesia yang jumlah orang sekamar tak begitu penting dan bisa kita isi sesukanya tanpa merubah harga, maka di Singapore mereka tak akan bisa terima hal ini, dan akan ada penambahan harga jika lebih dari dua orang untuk kamar hotel dan apartmen (walaupun anak tapi sudah di atas 6 tahun). Khusus untuk hostel backpacker, harganya dihitung per orang (artinya harga 1 orang akan berbeda dengan 2 orang yakni 2 kali lipatnya).

Lalu sekilas tentang breakfast, maka hanya hotel-hotel yang di atas 2 juta per malam sajalah yang menyediakan breakfast seperti hotel hotel di Indonesia. Hostel backpacker tertulis menyediakan breakfast, tapi itu breakfastnya beda karena hanya teh/kopi serta roti secara umum. Untuk kamar apartmen tak ada breakfast, tapi ada apartmen yang menyediakan dapur dan peralatannya sehingga bisa masak.

Penginapan atau Hotel Apa Yang Direkomendasikan Untuk Dipilih di Singapore?

Jawaban dari pertanyaan itu akan dibahas di artikel selanjutnya dimana akan mempertimbangkan aspek harga, lokasi, serta kenyamanan nya jika anda memilih untuk mengambil suatu penginapan di Singapore (untuk sementara, anda bisa baca juga : Penginapan / Hotel Murah di Singapore).

Artikel Lain Yang Tekait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *