Di Singapore Perlu Beli Simcard Baru atau Pakai Kartu Indonesia ?

Bagi anda yang baru pertama ke luar negeri, khususnya ke singapore bisa jadi bertanya-tanya apakah kartu telpon (simcard) indonesia nya seperti telkomsel, xl, indosat bisa dipakai di singaporeatau apakah perlu beli kartu perdana baru di Singapore, dan apakah kartu nya bisa dipakai untuk internet an atau sekedar mengakses media sosial seperti bbm, whatsapp, line, instagram, dsb ?

Pada dasarnya kartu sim indonesia baik yang dari operator telkomsel, indosat, xl, dll bisa dipakai di luar negeri, termasuk singapore tentunya, jika hanya untuk telpon atau sms. Akan tetapi perlu diingat bahwa tarif yang dikenakan akan sangat mahal karena terkena roaming internasional. Sebagai gambaran, sepertinya sekali sms berkisar Rp.4000 dan menelpon sekitar 1 menit aja bisa belasan ribu rupiah sepertinya. Lalu menerima telpon dari Indonesia pun juga akan terkena biaya yang sama mahalnya. Kecuali anda mungkin mengontak operator di Indonesia dulu kalau ada paket khusus telpon atau sms roaming internasional untuk bisa diaktifkan.

Untuk internetan atau akses media sosial, kartu simcard indonesia tak otomatis aktif di singapore. Perlu pengaktifan khusus, dimana lebih baik menghubungi dulu operator seluler nya waktu masih di indonesia meminta untuk diaktifkan internet nya di luar negeri. Biayanya pun juga berkisar Rp.150 ribu sepertinya (saya lupa apa harga tersebut hanya unt sehari atau bisa tiga hari). (Btw sebenarnya tanpa pengaktifan khusus sebenarnya bias dengan mengambil data roaming tapi dijamin pulsa anda yg ratusan ribu bias lenyap seketika).

Lantas bagaimana dengan pilihan lain : apakah lebih baik membeli kartu perdana (simcard) lokal singapore ?

Jika anda berhari hari di singapore misalnya minimal 2 atau 3 hari lebih baik beli kartu lokal singapore karena akan lebih murah unt menelpon ke indonesia maupun untuk sms.

Sekali sms memang biaya berkisar 20 atau 30 cent (dalam rupiah sekitar 2 ribu atau 3 ribu) tapi setelah lima kali sms dalam sehari selanjutnya dapat sms gratis sampai 30 kali.

Untuk menelpon, dengan menekan kode SLI khusus maka biaya telpon ke indonesia sama dengan biaya ketika kita menelpon di indonesia.

Untuk paket internet, dengan harga beli kartu simcard baru di Singapore tadi sudah bisa internetan seminggu. Bahkan ada kartu perdana khusus turis dengan kuota sampai 100 GB.

Trus berapa biaya beli kartu perdana (simcard) di singapore ?

Membeli kartu perdana atau simcard singapore bisa mengeluarkan biaya minimal SGD 15 atau SGD 18 atau SGD 30 untuk satu kartu. (Lho kok bisa macam-macam ya harganya ?). Ya, karena tergantung tempat dimana anda beli kartu perdana nya. Silakan klik untuk baca : tempat membeli kartu perdana (sim card) lokal di Singapore

Untuk memudahkan anda, kami juga menyediakan beberapa jasa :

(silakan klik masing-masing link nya di atas untuk info lebih lanjut atau klik CARA BOOKING).

Jadi apakah lebih baik beli kartu perdana simcard baru di singapore atau tetap memakai kartu indonesia saja; semuanya tergantung anda sendiri, walaupun untuk keperluan internet dan penghematan biaya telpon atau sms saya cenderung mengatakan lebih baik beli kartu baru.

Artikel Lain Yang Tekait

9 Comments

  1. Mau nanya nih ? Saya beli kartu sg tp hilang , apakah kita bs meminta kartu dengan nomer yang sama ke operator yg bersangkutan ? Jika bisa , syarat nya apa aja ya ? Terima kasih

  2. gan kan saya dikasih sim card singtel sama teman saya. tapi kenapa ya pas d pasang gabisa dipake terus mau bikin WA kan harus ada notifikasinya tapi gak ada sms.. utu sih gimna knapa ya gan. thanks.

  3. Halo nama saya Lina,saya sudah lama tinggal d singapore n saya pakai kartu telkomsel,hanya saja lepas masa wktu tggl 17-02-2017 saya lupa isi pulsa lagi…nach yg jadi pertanyaan saya apakah kartu saya masih bisa d aktifkan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *