Cara Agar Tak Bermasalah / Susah di Imigrasi Masuk Singapore

Kami akan coba uraikan beberapa tips lolos imigrasi singapore atau cara agar tak bermasalah atau tak mengalami kesusahan di imigrasi masuk ke Singapore dimana Singapore memang termasuk agak ketat, dalam artian turis dari Indonesia bisa saja bermasalah di imigrasi ketika hendak masuk Singapore. Beberapa di antaranya harus masuk office dulu untuk ditanya-tanya, bahkan ada juga yang dipulangkan paksa dan sampai dilarang masuk Singapore beberapa tahun ke depan.

Sebelum saya menjelaskan cara agar lolos imigrasi Singapore, perlu untuk diketahui bahwa turis yang masuk ke Singapore dengan passport turis biasa dilarang melakukan hal yang sifatnya bekerja selama di Singapore kecuali ada permit atau izin khusus. Dan tentu juga selama di Singapore dilarang melakukan kegiatan kegiatan illegal atau yang dilarang hukum.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan berdasarkan pengalaman : masuk Singapore melalui bandara changi lebih mudah daripada lewat jalur darat dan laut. Akan lebih besar kemungkinan untuk ditanya-tanya dan dicek jika masuk Singapore dari Batam atau Bintan misalnya dibandingkan langsung ke changi, dan akan jauh lebih susah lagi masuk Singapore lewat jalur darat dari Malaysia (kecuali kalau dengan kendaraan pribadi yang bisa disewa + sopir , silakan klik). Khusus yang masuk dari Malaysia ini, banyak orang Indonesia yang dari Malaysia masuk ke Singapore dengan bus umum akhirnya ditinggal busnya karena kelamaan menunggu diakibatkan orang Indonesia yang ditunggu harus masuk kantor imigrasi Singapore dulu untuk ditanya-tanya).

Hal-hal yang perlu diperhatikan atau bisa diterapkan untuk meminimalisir kemungkinannya atau cara agar tak masalah atau kesulitan di imigrasi masuk Singapore adalah sebagai berikut :

  • Tulislah kartu imigrasi Singapore dengan benar, TERUTAMA HARUS JELAS ALAMAT TINGGAL SELAMA di Singapore. Silakan klik : contoh cara yang benar mengisi kartu imigrasi Singapore. 
  • Oleh karena alamat tinggal di Singapore harus jelas diisi di kartu imigrasi, maka bagi yang rencana menginap di Singapore harus ambil ancang-ancang dulu penginapan mana yang akan diambil (bisa saja keputusan mau ambil yang mana nanti saja ketika di Singapore, tapi jangan sampai tak ada di kepala beberapa nama penginapan di Singapore yang hendak diincar). Baca juga : tips memilih penginapan di Singapore
  • Harus jelas tujuan selama di Singapore. Jika untuk jalan-jalan, harusnya juga meyakinkan kalau kita tampangnya memang akan jalan-jalan (bawa poin setelah ini menyangkut penampilan), atau jika ada urusan lain juga hendaknya dijawab dengan mantap dan meyakinkan jika ditanya petugas.
  • Berpakaian lah yang rapi, kalau bisa sebagus mungkin (intinya dibuatlah penampilan kita bukan kayak orang gak berduit).
  • Penampilan badan juga rapi, misalnya muka kusam, kumis atau rambut acak acak an, dll hendaknya dihindari
  • Anak-anak remaja atau yang tampangnya terlihat muda hindari bepergian sendirian (bukan berarti dilarang, tapi kalau ada temannya atau dengan keluarga akan lebih baik dan lebih terjamin gak mengalami masalah).
  • Intinya jangan meninggalkan kesan seolah-olah kayak orang yang mau cari kerja di Singapore atau melakukan hal-hal terlarang seperti prostitusi bagi wanita (maka disinilah penampilan dan jelasnya alamat tempat tinggal berperan penting)
  • Sebaiknya bawa uang cash di dompet semisal SGD 300 minimal, tapi kalau kita lama di Singapore barangkali SGD 500 minimal (sebenarnya tak ada patokan, lebih banyak lebih baik, dan ini juga tak wajib, tapi adakala petugas yang merasa tak yakin bertanya ke kita berapa bawa uang cash di dompet. Memberitaukan bahwa kita ada kartu ATM atau kartu kredit tak akan membantu)
  • Hindari membawa barang-barang yang dilarang masuk Singapore. KLIK DISINI untuk membaca lebih lengkap (akan dijelaskan juga tentang makanan dan rokok).

Untuk informasi, kami juga menyediakan beberapa jasa :

(silakan klik masing-masing link nya di atas iuntuk info lebih lanjut atau klik KONTAK KAMI)

Semoga artikel berisi tips agar lolos atau cara agar tak masalah / susah di imigrasi masuk Singapore ini bermanfaat bagi anda yang membaca.

 

Artikel Lain Yang Tekait

3 Comments

  1. Yapp, saya sdg di singapore skrng. Dan kmrn kali pertama mendarat bermadalah dgn imigrasi karena di kartu imigrasi gak nulis alamat tmpt tinggal. Sebetulnya bukan gak taubhal ini, menginggat kmrn pergi sama trmen dan dia yg tau dimana kita akan menginap, well beda pesawat. Sampai di airport baru keinget buat tanya alamat. Naasnya wifinya sempat gak bisa diakses, jadinya harus digiring ke imigration point. Hahaaha

    1. Hello Fei, berapa lama di Singapura? Harus nunjukin tiket balik gak? Trus kalau tempat nginapnya bukan di hotel boleh gak ya? (misalnya nyewa kamar dari orang Singapura nya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *