Belanja, Beli Barang di Singapore Lebih Murah atau Mahal ?

Sebagian orang yang belum pernah ke Singapore, atau yang baru pertama kali ke Singapore adakalanya mengajukan pertanyaan, apakah belanja beli barang di Singapore lebih murah atau lebih mahal dibandingkan di Indonesia ?

Jawaban dari pertanyaan itu adalah tergantung barang apa yang mau dibeli.

Secara umum, kebanyakan harga barang di Singapore lebih mahal dibandingkan di Indonesia dikarenakan perbedaan standar penghasilan rakyat nya dan juga karena nilai kurs rupiah kita yang lemah.

Sekedar informasi, rakyat Singapore sekelas buruh yang berpenghasilan 2000 dolar singapore, atau kalau dirupiahkan sekitar 20 juta lebih per bulan, ada banyak dan mudah ditemui. Itu baru kelas buruh; kalau kerja kantoran atau di perusahaan bisa berlipat lipat dari itu gajinya (walau biaya hidup disana juga lebih besar).

Kalau kita melihat harga 1 dolar singapore itu dianggap hampir 11 ribu rupiah, maka bagi orang sana memegang uang 1 dolar mungkin bagi mereka kayak memegang uang 2 ribu rupiah oleh kita.

Harga barang yang lebih mahal di Singapore ini terutama ditemukan pada barang barang biasa sehari – hari seperti makanan, minuman, barang barang keperluan sehari-hari, dan barang barang umum lainnya.

Aturan umumnya barangkali begini : semakin mahal harga barangnya, ada kemungkinan harga beli barang di Singapore menjadi lebih murah dibandingkan dengan belanja di Indonesia.

Pengecualian salah satunya adalah barang souvenir pernak pernik dan oleh-oleh yang bisa dibeli dengan murah di kawasan Chinatown, Bugis Street, atau Lucky Plaza Orchard. Disana bisa ditemukan baju oleh oleh 10 dolar dapat 4, gantungan kunci 10 dolar dapat 36 buah, dan lain lain.

Maka selain souvenir atau barang oleh oleh, kalau mengincar belanja beli barang di Singapore lebih murah harganya dibandingkan dengan Indonesia, kemungkinan terbesar itu ada pada barang barang yang memang harganya mahal, di kisaran 10 juta atau lebih.

Iphone contohnya beserta aksesoris nya lebih murah jika dibeli di Singapore. Kamera DSLR original juga bisa lebih murah di Singapore. Jam jam mahal lebih murah dibeli di Singapore, begitu juga baju mahal, dan barang barang mahal atau bermerek (branded) lainnya. Apalagi kalau mereka ada program diskon tertentu.

Untuk barang bermerek (branded), walaupun mahal, minimal bisa menemukan model yang tidak bisa ditemukan di Indonesia.

Beberapa toko juga diketahui lebih murah harganya di Singapore dibandingkan belanja di Indonesia seperti Charles & Keith, Prada, dll

Dan tentunya ada beberapa merek yang memang belum buka toko nya di Indonesia.

Jika anda butuh pemandu berbahasa Indonesia selama di Singapore, hubungi kami lewat whatsapp 081277645198 atau +6584067907 atau KLIK DISINI.

Tersedia juga jasa sewa mobil dan sopir, atau sewa kamar harian apartmen lucky plaza orchard atau people’s park complex chinatown.

Maka, apakah belanja, beli barang di Singapore lebih murah atau mahal dibandingkan di Indonesia ? Harusnya anda sudah bisa tau jawaban pertanyaan itu.

 

Artikel Lain Yang Tekait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *