Mana Lebih Baik ke Singapore Lewat Batam atau Langsung Changi Airport?

Bagi sebagian orang Indonesia yang dari kota asal nya tak punya penerbangan langsung ke Singapore barangkali akan pernah terpikir pertanyaan tersebut, mana lebih baik ke Batam dulu baru nyebrang ke Singapore dengan ferry atau transit dulu misalnya ke Jakarta baru langsung ke Changi airport singapore ?

Pertanyaan yang sama bisa juga terjadi pada orang-orang yang di kota nya ada penerbangan langsung ke Singapore, tapi penasaran ingin mencoba dulu ke Batam sambil merasakan naik ferry.

Untuk menjawab pertanyaan itu, ada beberapa hal yang barangkali patut dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan apakah lebih baik ke Batam dulu atau langsung ke changi airport Singapore.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan :

1) Total biaya transport yang dibutuhkan

Patut dipertimbangkan total biaya perjalanan yang diperlukan dengan membandingkan total biaya tiket pesawat jika ingin langsung ke changi airport dengan total biaya pesawat ke batam + tiket ferry penyeberangan. Unt sekedar diketahui biaya tiket ferry batam – singapore sekali jalan sekitar Rp.220 ribu, sedangkan unt pulang pergi berkisar Rp.340 atau 350 ribu per orang jika beli di saya (di counter akan lebih mahal bisa di atas 400 ribu). Patut juga ditambahkan di perhitungan biaya taxi atau sewa mobil dari bandara ke pelabuhan di batam (sewa mobil bisa di saya)

2) Waktu perjalanan yang dihabiskan.

Hendaknya dipertimbangkan juga perbandingan waktu perjalanan antara ke Batam terlebih dulu atau langsung ke changi airport. Sekedar informasi dari bandara batam ke pelabuhan bisa memakan waktu 30 – 40 menit. Lalu diperlukan waktu tunggu paling tidak amannya 1,5 jam sebelum naik ferry. Kemudian perjalanan dengan ferry ke batam sekitar 1 jam. Untuk diketahui ferry penyeberangan ke singapore selalu ada hampir tiap 1,5 jam dari jam 6 pagi hingga sekitar jam 8 malam WIB.

3) Apakah ada keperluan di Batam.

Jika anda memang ingin tahu pulau Batam dan ingin jalan-jalan juga disana maka barangkali faktor perbandingan biaya perjalanan dan waktu bisa diabaikan karena memang ada kepentingan di Batam.

4) Waktu menyeberang ke Singapore

Perlu juga untuk mempertimbangkan kapan anda mau ke Singapore.

Perlu diketahui di puncak liburan seperti lebaran, natal, tahun baru, atau ketika ada hari besar berturut-turut dengan akhir pekan, maka akan sangat membludak sekali orang yang mau menyeberang ke singapore dari batam.

Di waktu waktu itu, anda bisa antri panjang di imigrasi singapore nanti nya sampai 2 hingga 3 jam, belum lagi sudah antri juga sebelumnya di imigrasi batam. Kalau sudah begini, belum lagi dimulai liburan anda, tapi anda sudah capek duluan.

Hal ini terutama akan dialami bagi yang berangkat di pagi hari tapi bukan ferry pertama. Jika memang ingin berangkat juga di pagi hari maka ambillah ferry pertama yang jam 6 pagi agar antrian yang dialami tak separah orang-orang yang berangkat setelahnya.

Khusus di akhir pekan atau libur nasional biasa, berangkat di siang atau malam hari juga bisa jadi alternatif karena sudah normai. Akan tetapi untuk masa lebaran, natal, dan tahun baru, antrian panjang akan sama saja hingga siang harinya. Malam barangkali yang agak sepi.

Maka kesimpulannya berpikirlah dua atau tiga kali kalau anda mau menyeberang ke singapore melalui batam di saat puncak liburan karena tak dianjurkan.

Tersedia beberapa jasa sewa penginapan dan tour selama di singapore (silakan klik di masing-masing link di bawah ini)

Maka dengan menimbang beberapa faktor yang disebutkan di atas bisa menjadi jawaban anda mana yang lebih baik langsung ke changi airport singapore atau terlebih dulu ke Batam.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *