Di Singapore Perlu Beli Kartu Perdana (Simcard) Baru atau Bisa Pakai Kartu Telpon Indonesia ?

Bagi anda yang baru pertama ke luar negeri, khususnya ke singapore bisa jadi bertanya-tanya apakah kartu telpon (simcard) indonesia nya seperti telkomsel, xl, indosat bisa dipakai di singaporeatau apakah perlu beli kartu perdana baru di Singapore, dan apakah kartu nya bisa dipakai untuk internet an atau sekedar mengakses media sosial seperti bbm, whatsapp, line, instagram, dsb ?

Pada dasarnya kartu sim indonesia baik yang dari operator telkomsel, indosat, xl, dll bisa dipakai di luar negeri, termasuk singapore tentunya, jika hanya untuk telpon atau sms. Akan tetapi perlu diingat bahwa tarif yang dikenakan akan sangat mahal karena terkena roaming internasional. Sebagai gambaran, sepertinya sekali sms berkisar Rp.4000 dan menelpon sekitar 1 menit aja bisa belasan ribu rupiah sepertinya. Lalu menerima telpon dari Indonesia pun juga akan terkena biaya yang sama mahalnya.

Untuk internetan atau akses media sosial, kartu simcard indonesia tak otomatis aktif di singapore. Perlu pengaktifan khusus, dimana lebih baik menghubungi dulu operator seluler nya waktu masih di indonesia meminta untuk diaktifkan internet nya di luar negeri. Biayanya pun juga berkisar Rp.150 ribu sepertinya (saya lupa apa harga tersebut hanya unt sehari atau bisa tiga hari).

Lantas bagaimana dengan pilihan lain : apakah lebih baik membeli kartu perdana (simcard) lokal singapore ?

Jika anda berhari hari di singapore misalnya minimal 2 atau 3 hari lebih baik beli kartu lokal singapore karena akan lebih murah unt menelpon ke indonesia maupun untuk sms.

Sekali sms memang biaya berkisar 20 atau 30 cent (dalam rupiah sekitar 2 ribu atau 3 ribu) tapi setelah lima kali sms dalam sehari selanjutnya dapat sms gratis sampai 30 kali.

Untuk menelpon, dengan menekan kode SLI khusus maka biaya telpon ke indonesia sama dengan biaya ketika kita menelpon di indonesia.

Unt paket internet, memakai pulsa sekitar sgd 8 atau dalam rupiah 80 ribu kurang sudah bisa internetan seminggu (sgd = singapore dollar)

Trus berapa biaya beli kartu perdana (simcard) di singapore ?

Membeli kartu perdana atau simcard singapore bisa mengeluarkan biaya minimal SGD 16 atau SGD 18 atau SGD 30 untuk satu kartu. (Lho kok bisa macam-macam ya harganya ?). Ya, karena tergantung tempat dimana anda beli kartu perdana nya.

Jika membelinya di bandara changi ketika baru sampai harga yang ditawarkan memang paling mahal yakni berkisar SGD 30 tapi ya isi pulsa nya juga SGD 30.

Jika membeli di luar bandara semisal di konter konter hp atau kios penjual kartu perdana khusus itupun kadang kadang bisa berbeda. Ada yang menawarkan harga SGD 16 atau 18 tapi saldo pulsa di dalam nya hanya SGD 8 atau SGD 10, tapi ada juga penjual yang menawarkan harga SGD 16 atau 18 dengan isi pulsa nya juga SGD 16 atau 18.

Nah pertanyaannya, tempat yg disebutkan terakhir itu yg sgd 16 atau sgd 18 tapi isi pulsa nya juga sgd 16 atau sgd 18 itu dimana ? Bagi anda yang baru pertama ke singapore maka saya sulithttp://www.tourwisatasingapore.com/jasa-pemandu-wisata-tour-guide-singapore-berbahasa-indonesia menjawab itu. Kalau mau ambil jasa pemandu wisata (guide) selama di singapore (silakan KLIK) bisa nanti diantar ke tempat belinya.

Tapi yang jelas yang paling aman adalah beli kartu perdana (simcard) di kios 7 eleven, walau tak semua kios 7 eleven yang jual, dan petugas di 7 eleven juga biasanya agak susah atau kurang pandai mendaftarkan paket internet. Beda kalau beli di konter khusus handphone maka bisa dibantu mendaftarkan paket internetnya.

Jadi apakah lebih baik beli kartu perdana simcard baru di singapore atau tetap memakai kartu indonesia saja; semuanya tergantung anda sendiri.

One thought on “Di Singapore Perlu Beli Kartu Perdana (Simcard) Baru atau Bisa Pakai Kartu Telpon Indonesia ?

  1. lina

    Halo nama saya Lina,saya sudah lama tinggal d singapore n saya pakai kartu telkomsel,hanya saja lepas masa wktu tggl 17-02-2017 saya lupa isi pulsa lagi…nach yg jadi pertanyaan saya apakah kartu saya masih bisa d aktifkan….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *